BKMM SulSel - Balai Kesehatan Mata Masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan

Rakerkesnas 2016 gelombang ke 2

E-mail Print PDF

Menteri Kesehatan Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), pada selasa(5/4/2016) secara resmi membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2016 gelombang 2 di Hotel Bidakara, Jakarta. Rapat dihadiri oleh 1005 peserta dari 17 propinsi seluruH indonesia.


Menkes Nila mengapresiasi kinerja daerah yang telah mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) pada awal Maret lalu. Sebanyak 20 provinsi telah melebih target dengan cakupan vaksinasinya di atas 95%, lalu ada 11 provinsi yang cakupan vaksinasinya 80-95%, dan 2 provinsi yang cakupannya di bawah 80%.
"Ada dua provinsi yang masih di bawah 80% yaitu Papua dan NTT (Nusa Tenggara Timur -red). Kami mengharapkan daerah yang pencapaiannya di bawah 80% agar tetap melanjutkan sweeping dengan melibatkan lintas sektor.

kerkesnas merupakan pertemuan tahunan stakeholder bidang kesehatan. Rakerkesnas 2016 mengusung tema Keluarga Sehat Pilar Utama Bangsa yang Kuat. Penyelenggaraan Rakerkesnas tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena diselenggarakan hanya di Jakarta dalam 2 gelombang, yakni:
- Gelombang I diselenggarakan pada 29-31 Maret 2016 yang dihadiri oleh 1.012 peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota, RS, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, NTB, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua Barat.
Pembangunan kesehatan harus dilihat secara holistik dalam siklus hidup seseorang, di dalam spektrum continuum of care. Dimulai dari saat kelahiran, anak di bawah 5 tahun (Balita), remaja, dewasa muda, dewasa dan pada akhirnya seseorang di masa tua. Agar sumber daya yang ada dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien, maka upaya tersebut diselenggrarakan secara terintegrasi sejak dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, hingga evaluasinya. Sasarannya pun difokuskan kepada keluarga, dengan dihidupkan kembali pendekatan keluarga.

Pendekatan keluarga bertujuan untuk mengubah perilaku keluarga dan masyarakat khususnya dalam pengenalan diri terhadap risiko penyakit. Pendekatan keluarga adalah pendekatan pelayanan integrasi antara Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).

 

Pendekatan keluarga diharapkan dapat meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang lebih komprehensif,maka ke depannya program yang akan dicanangkan adalah Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Keluarga Sehat.

 Germas dan Keluarga Sehat adalah program kesehatan di mana fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas diminta untuk proaktif melakukan pendekatan keluarga. Artinya tenaga kesehatan tak menunggu masyarakat datang ketika sakit saja tapi harus aktif menghampiri masyarakat dalam hal ini unit keluarga dan melakukan upaya-upaya promosi kesehatan.

 

Alamat Kantor

Jln. Wijaya Kusuma Raya No. 19 Makassar
Tel: (0411) 855643 / 858025
Fax: (0411) 858290
Email: info@bkmmsulsel.net

Online Suport

Tata Usaha :   Instalasi :
Pelayanan : Fungsional :
Penjamin : Pengelola :
Kemitraan : Web Support :