BKMM SulSel - Balai Kesehatan Mata Masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat

E-mail Print PDF

Pelayanan publik, akhir-akhir ini, menjadi sebuah bahasa yang sering kita dengar dan menjadi bagian keseharian hidup masyarakat. Tak dapat dipungkiri pelayanan publik kemudian menjadi bagian tersendiri dalam ruang tujuan hidup bermasyarakat. Banyak kemudian deskripsi/pengertian pelayanan publik seperti kalau dilihat dari segi ekonomi yakni semua bentuk pengadaan barang dan jasa (goods and services) oleh pemerintah (publik sector) yang diperlukanoleh warga negara sebagai konsumen karena swasta (private) tidak mau memproduksi barang atau mengadakan jasa tersebut akibat kegagalan pasar atau karena secara alamiah pengadaan tersebut adalah sangat vital yang mampu menggerakan perekonomian suatu Negara. Pelayanan publik merupakan salah satu alasan sekaligus tujuan dibentuknya Negara, dan merupakan refleksi pelaksanaan peran Negara dalam melayani warga negaranya. Ada lagi yang lebih penting, yaitu bahwa pelayanan publik merupakan sarana pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat demi mencapai kesejahteraan sosial.

Berbagai keluhan masyarakat atas rendahnya kinerja pelayanan yang diberikanoleh pemerintah daerah baik pelayanan di bidang perizinan, administrasi, pelayanankesehatan di Puskesmas ataupun di Rumah sakit termasuk pelayanan oleh Badan UsahaMilik Daerah, perlu segera diupayakan perbaikannya. Keluhan masyarakat yang tidaksegera direspon oleh pemerintah akan dapat menimbulkan citra yang kurang baikterhadap aparatur pemerintah terutama di sektor kesehatan, yang pada akhirnya dapatberpengaruh terhadap menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat. Oleh karena ituupaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat merupakan kegiatanyang harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan oleh semua jajaranaparatur kesehatan di daerah.


 

Dalam rangka akuntabilitas pelayanan publik, dan menjawab berbagai keluhan masyarakat tersebut Pemerintah telah mengeluarkankebijakan pendayagunaan aparatur Negara bidang pelayanan publik melalui KeputusanMenteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) Nomor: 81/1995, yangmenyebutkan bahwa layanan prima adalah layanan yang memberikan kepuasanpelanggan serta Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara NomorKep/25/M.Pan/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks KepuasanMasyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, dan diperkuat dengan terbitnya suratedaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RepublikIndonesia No. 4/M/PAN-RB/03/2015 tentang pelaksanaan survey indeks kepuasanmasyarakat (IKM) pada seluruh unit penyelenggara pelayanan publik.Kebijakan tersebut dibuat dalam merespon keluhan dan tuntutan masyarakatterhadap kualitas pelayanan publik yang ada di semua unit pelayanan milik pemerintah.

Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar sebagai instansi pemerintah dalam pelayanan publik untuk kesehatan masyarakat perlu menindaklanjuti  Keputusan KepMenPan dengan melakukan kajian terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Diharapakn dengan IKM akan terlihat seberapa efektif pelayanan yang diberikan oleh   Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar. Hasil dari IKM akan memperlihatkan dimensi dari persolanan pelayanan sehingga implementasi IKM menjadi prioritas Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar dalam melakukan perbaikan terhadap system pelayanan..

 

Berikut Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat tahun 2015 yg dilaksanakan oleh BKMM Makassar . Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2015

 

Alamat Kantor

Jln. Wijaya Kusuma Raya No. 19 Makassar
Tel: (0411) 855643 / 858025
Fax: (0411) 858290
Email: info@bkmmsulsel.net

Online Suport

Tata Usaha :   Instalasi :
Pelayanan : Fungsional :
Penjamin : Pengelola :
Kemitraan : Web Support :